www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Selasa, 17 April 2012

Masih Amankan Kita Bermain Sepak Bola

SEPAK BOLA masih menjadi olahraga nomor wahid di dunia. Jutaan pasang atau bahkan ratusan juta selalu mempeloti aksi para bintang lapangan hijau.
Harapannya, pemain dari tim pujaannyan bisa memberikan kemenangan dan prestasi. Ini membuat olahraga bola sepak bola ini selalu terlihat dinamis.
Penonton ingin melihat timnya memang, sang pemain yang berada di lapangan hijau pun ingin merealisasikannya dengan bermain gemilang dan tak kenal lelah selama 2x45 menit.
Itu tercapai kalau pemain berada dalam kondisi fit. Hanya, untuk mencapainya bukan sebuah hal mudah. Program latihan yang bagus dan terukur menjadi faktor pendukung utama. Belum lagi, kondisi si pemain sendiri. Apakah mempunyai masalah.
Sudah banyak pesepak bola yang menghembuskan nafas terakhir saat berada di lapangan atau setelah beraksi di lapangan hijau. Terakir, Sabtu (14/4), kabar mengejutkan para insan sepak bola dunia.
Pemain klub sepakbola Italia Livorno Piemario Morosini meninggal dunia di lapangan saat timnya melawan Pescara. Pemain tengah itu terkena serangan jantung dan kolaps saat pertandingan memasuki menit ke-33.
Bisa jadi, setelah diekos besar-besaran oleh media, kegilaan para pesepak bola di lapangan hijau bisa tersendat. Masa depan olahraga yang tujuannya menjebol gawang lawan itu pun bisa terancam karena ketakutan orang tua akan kehidupan anaknya di lapangan.
Jadi, tugas bagi para pengurus dan pelatih untuk kembali menegaskan bahwa sepak bola tetap merupakan olahraga yang tak berbahaya. Klub juga harus menyadari itu.
Meski harus mengeluarkan uang tak sedikit, tes kesehatan kepada pemainnya tetap penting. Buku medis pun perlu kembali dihidupkan. Dokter di tim juga layak diperhatikan. Jangan seperti sekarang, yang masih banyak tukang urut dibandingkan dokter kesehatan.
Keberadaan dokter dengan ilmu medis yang dimiliki tetap sangat dibutuhkan untuk memantau kesehatan pemain. Bahkan,yang lebih krusial, bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan di lapangan. (*)

Beberapa Pesepak Bola Yang Meninggal di Lapangan

1. Marc-Vivien Foe (Kamerun) : Pingsan ketika membela negaranya di Piala Konfederasi di Lyon Prancis 26 Juni 2006. Dia meninggal beberapa lama kemudian.
Para pemain Kamerun mengusung foto Marc-Vivien Foe 

2. Antonio Puerta (Spanyol): Meninggal saat membela klubnya Sevilla di ajang Liga Primera melawan Getafe pada 28 Agustus 2007.
3. John Tomson (Skotlandia): Kiper Glasgow Celtic ini meningal setelah bertabrakan dengan penyerang Glasgow Rangers dalam partai panas 5 September 1931.
4. Hugo Cunha (Portugal): Menghembuskan nafas terakhir dalam sebuah pertandingan persahabatan saat membela klubnya, Uniao Leirea, pada Juni 2005.
5. Marcio Dos Santos (Brazil): Meninggal saat membela klubnya, Deportivo Wanka, di Liga Peru, pada Oktober 2002.
6. Miklos Feher (Hungaria): Meninggal karena serangan jantung saat membela klubnya, Benfica, dalam kompetisi Portugal.

0 comments:

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com