www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Sabtu, 17 Januari 2015

Pelatih Spesialis Angkat Level

ORTAS: Nus Yadera usai berlatih di Stadion Jenggolo

MUSIM 2015, Borneo FC akan berlaga di ajang Indonesia Super League (ISL). Ini setelah tim asal Samarinda,  Kalimantan Timur, tersebut juara Divisi Utama musim 2014.
 Oke, Iwan Setiawan memang pelatih kepalanya. Namun, sebenarnya, sosok yang paling berperan membawa Borneo ke kasta elite adalah Nus Yadera.
 Dialah yang membentuk tim dari awal. Lelaki 48 tahun tersebut sudah mempersiapkan tim jauh-jauh di Sidoarjo.
 Selain itu, Nus juga dikenal sebagai pelatih yang paling banyak membawa tim yang ditangani promosi ke level lebih atas. Tercatat Persida Sidoarjo, PSIR Rembang, Persewangi Banyuwangi, PS Mojokerto Putra, Deltras, hingga Borneo.
 ‘’Belum lagi tim-tim yang lolos delapan besar seperti PSBI dan Mitra Kukar di ajang Divisi Utama. Mitra juga pernah lolos ke final Piala Gubernur Jatim,’’ kata Nus saat ditemui di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, pada Jumat (16/1/2015).
 Baginya, menaikkan derajat tim menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi, itu dilakukannya di berbagai tim.
 ‘’Yang saya naikkan dari Divisi II hingga ke ISL,’’ ungkap bapak dua anak tersebut.
  Padahal, karir Nus sebagai pelatih belum termasuk lama.Dia memulai karirnya menjadi arsitek tim usai pensiun sebagai pemain pada 2004.
 Lelaki yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini tercatat pernah membela Persikasi Bekasi, Perkesa Mataram Jogjakarta , Gelora Dewata Bali yang kemudian menjadi Gelora Putra Delta (GPD) saat pindah ke Sidoarjo, Jawa Timur.
 ‘’Klub terakhir saya Persegi Gianyar pada 2003. Saat itu pelatihnya Freddy Muli. Setelah itu, saya sebentar ikut Maestro, klub Divisi III dari Surabaya,’’ ucap Nus.
 Karir kepelatihannya pun dimulai dari klub di kota yang ditinggalinya, Sidoarjo. Persida yang lama berkutat di Divisi III, dipromosikan ke Divisi II.
 Keberhasilan itu pun membuat Nus terus dipercaya memoles banyak tim. Bahkan, setelah Borneo promosi, dia juga mendapat tawaran kembali.
Statusnya pun tetap, asisten pelatih. Hanya, head coach bukan lagi Iwan tapi berpindah ke Arcan Iurie asal Moldova.
 ‘’Tapi, saya pilih balik saja ke Sidoarjo. Semoga bisa dapat tim lagi dan bisa membawanya promosi,’’ harap ayah Victor Jadera, mantan kapten Persida Junior, itu. (*)

Sekilas Tentang
Nama: Nus Yadera atau Nus Jadera
Usia: 48 tahun
Karir Pemain:
-Persikasi
 -Perkesa Mataram
- Gelora Dewata
-Gelora Putra Delta
- Persegi

 Karir Pelatih
-Persida Sidoarjo
 -PSIR Rembang
-Persewangi
-PS Mojokerto Putra
-Mitra Kukar
-Deltras
-PSBI Blitar
-Perseba Bangkalan
-Borneo FC

0 comments:

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com