www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Jumat, 06 Februari 2015

Termuda saat Persebaya Juara

BINTANG:S. Bahtiar

POSTURNYA tinggi besar. Seolah belum ada yang berubah dari sosok Slamet Bahtiar.
 Semasa jayanya, dia termasuk salah satu stopper tangguh di kancah sepak bola Indonesia. Hanya, satu kekurangan lelaki yang akrab disapa Bahtiar tersebut.
 ‘’Saya belum pernah merasakan masuk tim nasional,’’ katanya kepada pinggir lapangan saat ditemui di sebuah lapangan bola di pinggir utara Surabaya.
 Di eranya, di decade 1990-an, posisi bek tengah seolah menjadi tempat bagi Bonggo Pribadi, Toyo Haryono, ataupun juga Iwan Setiawan. Karir lelaki yang kini berusia 47 tahun tersebut banyak berkutat di klub.
 Perjalanan karirnya dimulai dari klub kebanggaan di kotanya, Persebaya Surabaya. Dia dipanggil dari klub internal Persebaya, kini Pengcab PSSI Surabaya, Putra Gelora.
 ‘’Saya masuk di era perserikatan musim 1987-1988. Saat itu, saya jadi pemain termuda,’’ ungkap Bahtiar.
Sebagai pemain termuda, susah baginya untuk menggeser senior sekelas Nuriono Hariadi ataupun Subangkit. Namun, dia tak merasa kecewa.
 ‘’Saya tetap bangga karena sebagai pemain termuda di tim yang akhirnya menjadi juara,’’ ucapnya.
 Kesabarannya pun membuahkan hasil. Dia pun mulai mendapatkan posisi inti dua tahun kemudian.
 ‘’Tapi, setelah itu, saya hengkang ke Mitra Surabaya pada 1991 hingga 1993,’’ ujar lelaki yang juga diakrab Gajah tersebut.
 Usi dari Mitra, Bahtiar menyeberang ke Tangerang untuk membela Persikota. Dia diajak salah rekannya dari Surabaya berkostum Bayi Ajaib, julukan Persebaya.
 ‘’Di sana saya mulai kenal Sutan Harhara,’’ urainya.
 Kelak, Sutan pula yang memboyongnya ke Persegi Gianyar setelah dia tak berkostum Persikota. Bersamaan dengan Bahtiar, kakak bek nasional Aun Harhara juga membawa beberapa anak asuhnya di Persikota ke tim asal Pulau Dewata, julukan Bali, tersebut.
 Kini, aktivitas Bahtiar pun tak lepas dari urusan sepak bola. Dia tercatat sebagai salah satu staf pelatih di Sekolah Sepak Bola Surabaya Football Club (SFC). (*)

Sekilas Tentang
Nama: Slamet Bahtiar
Posisi saat  Pemain; Stopper
Karir :
Putra Gelora, Persebaya,Mitra Surabaya, Persikota, Persegi Gianyar

0 comments:

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com