www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Selasa, 31 Maret 2015

Didikan SAD Uruguay Pilih Jadi Polisi Militer

Reffa Arvindo Mony dengan seragam TNI

Dia pernah diharapkan menjadi salah satu pemain andalan Indonesia di masa depan. Namun, karirnya berakhir lebih cepat dan memutuskan terjun di bidang militer.
--
SAAT ini, teman-temannya masih banyak yang tampil di Indonesia Super League (ISL). Bahkan, beberapa di antaranya berkostum Timnas Indonesia, bukan hanya di level U-23 tapi juga senior.

Nama-nama seperti Abdu Lestalulu yang kini berkostum Persija Jakarta dan Rizky Pellu, pemain Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan temannya berlatih saat di Uruguay. Kini, Abdu menjadi andalan lini belakang Timnas U-22 polesan Aji Santoso. Sedangkan Pelu, sapaan karib Rizky Pellu, berjuangan menembus posisi inti Timnas Senior.

Reffa Arvindo Mony bersama keduanya berada di Uruguay saat ditempa dalam proyek PSSI yang lebih dikenal dengan Timnas SAD (Sociedad Anonima Deportiva). Mereka bergabung di angkatan 2009 yang berkompetisi di kelompok umur di negeri amerika selatan tersebut.

Reffa masuk di tim tersebut setelah lolos seleksi yang digelar di Jawa Timur dan di Jakarta. Hampir selama tiga tahun, putra salah satu mantan pemain Persebaya Surabaya Yusuf Mony itu digembleng di bawah asuhan Cesar Payovic.

Namun, seiring kegagalan menembus Piala Asia U-19, Reffa dkk kembali ke tanar air di musim 2012. Para pemain pun ditampung di beberapa klub. Reffa, Abdu, dan Pellu kebetulan bergabung dalam satu tim yakni Persis Solo.

''Hanya setengah musim mereka di Persis. Setelah itu, Reffa berpisah dengan mereka dan bergabung di Pelita Jaya,'' ungkap Yusuf.

Sayang, petaka menimpa anaknya yang berposisi stopper tersebut. Reffa mengalami cedera yang memerlukan perawatan serius.

''Padahal, Rahmad (Darmawan, pelatih Pelita Jaya saat itu) senang dengan permainan Reffa. Cedera Reffa tak bisa dipaksakan tampil di kompetisi,'' ujar Yusuf.

Upaya penyembuhan sudah dilakukan. Namun, kondisi pemain kelahiran 21 Januari 1992 tersebut tak bisa pulih seperti semua.

''Hingga akhirnya ada tawaran masuk TNI (Tentara Nasional Indonesia) pada Januari 2015. Reffa juga tertarik sehingga mengikuti tes masuk dari awal,'' ucap Yusuf.

Pada pertengahan Maret 2015, Reffa pun resmi menjadi anggota TNI. Dia menjalani wisuda di Cimahi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

''Dia ditempatkan di Polisi Militer. Bisa jadi, Reffa akan bertugas di Surabaya, lebih enak bisa dekat  rumah,'' ujar lelaki yang tinggal di kawasan Jambangan, Surabaya, tersebut.

Di TNI, Reffa bisa kembali meneruskan hobinya di sepak bola. Apalagi, TNI juga punya tim yang tangguh. (*)


Sekilas tentang


Nama: Reffa Arvindo Mony

Lahir: Surabaya,21 Januari 1992

Posisi: Belakang

Karir Pemain

2003: SSB Bulog Surabaya

2004: Timnas U-13

2005: Timnas U-14

2006: Timnas U-15

2007: Timnas U-17

2008-2012: SAD Uruguay

2010: Timnas U-19

2012: Persis Solo

2013: Pelita Jaya

0 comments:

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com