www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Senin, 29 Februari 2016

Pahlawan SEA Games Jadi Perawat Lapangan

SEMANGAT: Yusuf Ekodono (kiri) bersama rekannya, Fatah
STADION Gelora 10 Nopember, Surabaya, terlihat lebih rapi dibandingkan sebelumnya. Itu disebabkan selama hampir dua pekan pada bulan Februari 2016.

Banyak orang berpikir tentu sosok yang membuat lapangan legendaris tersebut pakar di bidang rumput dan tanah. Tapi, siapa sangka, ternyata sosok tersebut merupakan mantan bintang sepak bola Indonesia.

Siapa? Dia adalah Yusuf Ekodono.

Ya, mulai akhir 2015, dia menjadi pegawai honor di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya, Jawa Timur. Tugasnya, mengurusi lapangan di Surabaya Utara, termasuk Gelora 10 Nopember.

''Tidak ada kata terlambat daripada tidak sama sekali. Jadi, usia bukan halangan,'' kata Yusuf.

Apalagi, urusannya memang masih tak jauh dari sepak bola. Gelora 10 Nopember pun sudah seperti rumah baginya.

Usia Yusuf memang sudah tak muda lagi. Pada 2016, dia sudah menginjak usia 49 tahun.

Selama itu pula, sepak bola selalu lekat dengannya. Yusuf belum pernah merasakan bekerja di kantor atau perusahaan.

Sebenarnya, ini wajar. Dengan skill yang dimiliki tak susah baginya mengais rupiah dari sepak bola. Apalagi, di masa jayanya di era 1980-an hingga 1990-an, hampir semua klub merindukan tanda tangan Yusuf.

Klub besar seperti Persebaya Surabaya dan PSM Makassar pernah dibela. Belum lagi Mitra Surabaya maupun Gelora Dewata ataupun juga Persijap Jepara.

Kostum nasional pun jadi langganan bagi Yusuf. Salah satu sumbangsihnya bagi Indonesia yang akan selalu dikenang adalah emas SEA Games 1991.

Hebatnya, emas itu diraih melalui adu tendangan penalti melawan Thailand di Manila, Filipina. Salah satu penendangnya adalah Yusuf.

Seiring dengan usia yang terus bertambah, dia pun pensiun dan mulai menekuni dunia kepelatihan.

Setiap kali SEA Games dilaksanakan, sepak bola selalu diharap meraih emas. Kali terakhir, Indonesia meraihnya pada 1991 dan salah satu pahlawannya Yusuf Ekodono.

Di Dispora, sebenarnya bukan hanya Yusuf yang pernah berkostum Persebaya. Ada nama Mat Halil,Anang Ma'ruf, ataupun Bejo Sugiantoro.

Tugasnya pun sama. Merawat dan mengawasi lapangan yang ada di Kota Pahlawan. (*)

0 comments:

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com