www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com

Kamis, 05 Januari 2017

Koko Sunaryo, Mantan Kiper Persebaya Surabaya yang Jadi Guru Spiritual (3-Habis)

Koko memulai karir sepak bola di Madiun
Keputusan bulat sudah diambil Koko Sunaryo. Dia memilih meninggalkan statusnya sebagai kiper. Meski, tawaran masih datang menghampiri.
--
USIA 29 tahun belum termasuk uzur sebagai pesepak bola. Apalagi, itu untuk ukuran seorang penjaga gawang.

''Saya pilih mengabdikan diri di jalan Allah. Hidayah tersebut saya terima pada 1990. Hanya, saya benar-benar hijrah ke jalan Allah selesai dari Persebaya pada 1993,'' kenang Koko saat ditemui di rumahnya di kawasan Tanggulangin, Sidoarjo.

Meski sudah meninggalkan sepak bola, tapi dia tetap tinggal tak jauh dari Gelora 10 Nopember, Surabaya. Tepatnya, ungkapnya, di Jalan Jambu.

''Di sana, saya tinggal dari 1992 hingga 1996. Saya mengasah ilmu yang saya dapat,'' ungkap lelaki asal Madiun tersebut.

Ternyata, lambat laun, banyak orang yang juga belajar kepada Koko. Rezeki pun ikut mengalir kepadanya.

''Setelah dari Jalan Jambu, saya sempat tinggal di Sepanjang, sebelum pindah ke Tanggulangin ini,'' lanjutnya.

Awalnya, orang yang belajar kepadanya hanya mereka yang tak jauh dari lingkungan Koko sebelumnya, yakni sepak bola. Menariknya, beberapa pesepak bola seangkatannya yang kini sudah jadi pelatih tetap rutin datang ke rumahnya.

Sayang, Koko tak ingin nama-nama tersebut dipublikasikan. Alasannya, lelaki 51 tahun tersebut menjaga privasi mereka.

Kegiatan yang dilakukannya, ucap Koko, setiap Kamis malam atau biasa disebut malam Jumat adalah istiqosah. Sedangkan pengajian rutin dilaksanakan pada tanggal 15 kalender Islam.

''Kami menyebutnya pengajian Padang Bulan karena saat itu bulan tengah bulat atau bulan purnama. Banyak juga teman-teman dulu dan para pesepak bola yang hadir,'' ujar Koko.

Namun, dia mengakui tak bisa meninggalkan sepak bola terlalu lama atau 100 persen. Buktinya, pada 2002, Koko kembali ke lapangan hanya.

''Ada rekan yang menawari saya menjadi pelatih kiper. Hanya, syaratnya saya tak bisa selalu di lapangan,'' lanjut dia.

Tercatat pada 2002, Koko memoles PSM Madiun, 2004 ke PSSS Situbondo, dan 2009-2014 ke Persepam Pamekasan.

''Di Pamekesan, saya membawa tim tersebut dari bawah hingga lolos ke ISL (Indonesian Super League),'' jelas Koko.

Sebenarnya, dia sempat dipertahankan di kesebelasan asal Pulau Madura tersebut. Hanya, masalah prinsip yang membuat Koko memilih keluar.

''Saya begini saja. Yang penting barokah rezekinya,'' pungkas dia. (*)


Karir Koko Sunaryo
Pemain
1982-1986: PSM Madiun
1986: Bina Taruna Jakarta
1987-1990: NIAC Mitra
1991-1992: Mitra Surabaya
1992-1993: Persebaya Surabaya

Pelatih
2002: PSM Madiun
2004: PSSS Situbondo
2009-2012: Persepam Pamekasan



1 comments:

PAk JUSTAN DI BATANG mengatakan...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

2 Februari 2017 01.57

Posting Komentar

www.pinggirlapangan.com

www.pinggirlapangan.com